Hanya 7 Hari, Satgas Pamtas 301 Tampilkan Kembali Tugu Garuda

 Nasional

KAPUAS HULU , – Garuda kembali tunjukan wibawanya, ini bukan burung garuda sebenarnya melainkan Tugu Garuda yang berada di tapal batas Indonesia – Malaysia tepatnya Desa Kampung Jasa, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang. Tugu ini kembali megah dan indah, usai dilakukan perbaikan serta pengecatan oleh prajurit Satgas Pamtas Yonif R 301/Prabu Kian Santang. Perbaikan dilakukan satgas sejak tujuh hari yang lalu. Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif R 301/Pks, Letkol Inf Andi Hasbullah di Pos Kotis Nanga Badau, Kapuas Hulu, Jumat (27/9/2019).

Letkol Inf Andi Hasbullah mengatakan, sebelumnya, Tugu Garuda di Desa Jasa, merupakan salah satu Ikon Negara yang telah dibangun sejak tahun 2010 silam. Pembangunan tugu ini dimaksudkan untuk mempererat dan memperkokoh nilai-nilai Nasionalisme dan Patriotisme bagi masyarakat di Perbatasan, sebagai wilayah yang bersentuhan langsung dengan negara lain.

Lanjutnya mengatakan, namun karena tidak adanya perhatian khusus dari pihak-pihak yang berwenang untuk merawat Tugu tersebut sehingga kondisinya tidak terawat dan sangat memprihatinkan. Kondisi bangunan selama ini diselimuti oleh tanaman merambat baik itu lumut maupun rumput-rumput liar yang sudah memanjang.

” Melihat kondisi tersebut Danpos Pamtas Jasa, Letda Kav Ade Sukmadin, dibantu dengan masyarakat melaksanakan perbaikan Tugu Garuda yang merupakan ikon Desa Jasa dan juga merupakan lambang Negara Indonesia,” kata Dansatgas Pamtas Yonif Raider 301/Pks.

Personel Satgas Pamtas Yonif R 301/Pks bersama warga memperbaiki patung yang retak-retak, melakukan pengecetan ulang selain itu juga melaksanakan pembersihan di sekitar Tugu Garuda sehingga saat ini kondisinya terlihat indah dan bersih, jelas Dansatgas Pamtas Yonif R 301/Pks.

Tambahnya, selama pelaksanaan perbaikan semangat dan antusias prajurit Pamtas sangat tinggi tentu menjadi rasa bangga tersendiri bagi kami, hal ini dilakukan semata-mata agar masyarakat yang berada di sekitar lebih peduli dengan apa yang dimiliki oleh negaranya sendiri.

Letkol Inf Andi Hasbullah mengajak dan mengimbau kepada masyarakat agar bersama – sama menjaga dan merawat Tugu Garuda serta mengamankan agar tidak dirusak oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab.

” Tugu Garuda merupakan salah satu aset warga perbatasan yang harus dijaga dengan harapan agar mereka lebih mencintai Tanah Air. Satgas Raider 301 ingin menanamkan rasa cinta Tanah Air sekaligus mencegah segala kemungkinan yang dapat melunturnya rasa nasionalisme mereka terhadap NKRI,” harapnya.

Sedangkan salah satu tokoh masyarakat Kampung Jasa, Bapak Igas mengucapkan terima kasih kepada TNI khususnya Satgas Pamtas Yonif R 301/Pks yang telah berbuat terbaik untuk merawat Tugu Garuda sebagai bagian dari sejarah Indonesia.

(Umr/Wnz/Pendam III/Siliwangi)

Author: 

No Responses

Leave a Reply