15 Hektare Hutan Kawah Putih Ciwidey Terbakar, Polda Jabar Turunkan 125 Personel

 Seputar Jabar

BANDUNG , – Kebakaran lahan yang melanda Kawah Putih Ciwidey dan Gunung Puntang Kabupaten Bandung 8 Oktober hingga hari ini masih terus terjadi, luas area yang terbakar kurang lebih 15,00 Ha diperkirakan akan bertambah 5,00 Ha dikarenakan serasah yang tebal, lokasi yang curam dan berbatu sulit dijangkau dan berbahaya.

Saat ini Polda Jabar sudah melakukan penanganan Karhutla di Kawah Putih Ciwidey, ” ungkap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko, S.I.K., Selasa (8/10/2019).

Kami membuka posko penanganan karhutla di kawah putih. Ada 10 pos pantau titik api. Setiap pos diisi sebelas (11) personel gabungan untuk memantau api dan melakukan pemadaman manual, ” ujarnya.

Sebanyak 125 personel Polri dalam penanganan karhutla.

Kita menerjunkan 125 personel, dari total 389 personel gabungan bersama TNI, BPBD , pecinta alam dan masyarakat sekitar, ” tambahnya.

Saat ini petugas dilapangan melakukan lokalisir api agar tidak meluas dengan cara membuat pembatas api selebar kurang lebih 4 meter. Ini dilakukan agar api tidak meluas, ” kata Kombes Pol Trunoyudo.

Sementara tim juga membantu petugas Damkar untuk mencapai titik api dengan menggunakan selang 350 meter untuk melakukan pemadaman dan pendinginan areal yang terbakar, tuturnya.

Selanjutnya Polda Jabar bersama dengan forkopimda melaksanakan rapat guna meminta bantuan BNPB untuk meminta pemadaman melalui helikopter.

” Hasil rapat rencananya besok akan dikirim helikopter,” jelasnya.

“Polisi juga terus melakukan penyelidikan penyebab kebakaran hutan di Objek Wisata Kawah Putih Ciwidey, kita akan dalami penyebabnya apa, “tegas Kabid Humas Polda Jabar.

(Wnz/sam)

Author: 

No Responses

Leave a Reply