Dampak Pencemaran Minyak Mentah, Penghasilan Nelayan Merosot Tajam Hingga 75%

 Seputar Jabar

KARAWANG , – Sejumlah nelayan di pantai Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang memilih tidak melaut dikarenakan dampak dari tercemarnya laut oleh semburan minyak mentah berdampak pada pendapan nelayan merosot tajam hingga 75%, Jumat (26/07/19).

Pasca tercemarnya perairan pantai karawang sejumlah nelayan di pantai sedari memilih tidak melaut dikarenakan pendapatannya menurun tajam. bahkan nelayan tersebut memilih diam di rumah sambil memperbaiki jaring ikan/udang.

Adapun nelayan yang melaut, mereka merupakan nelayan asal perantauan luar dari Karawang yang sengaja mencari ikan di perairan pantai Karawang. menurutnya, pasca tercemarnya perairan Laut Karawang, penghasilannya merosot tajam, karena, yang bisanya bisa menghasilkan 10Kg udang bahkan lebih, sedangkan kini haya menghasilkan dibawah 5 Kg bahkan 2 Kg.

“Yang jelas penghasilan tangkapan udang kami berkurang, yang biasanya bisa medapatkan udang mencapai 10 Kg bahkan lebih dan kini hanya 2 Kg, untuk mendapatkan 5 Kg saja sangat susah” kata Sukardi, Kamis (25/07/19).

Lanjutnya, dampak dari pencemaran minyak mentah membuatnya terpaksa melaut walaupun hasil tangkapannya nihil, karena bila tidak melaut dirinya dan rekan rekannya terancam tidak bisa makan “ya walaupun penghasilannya sedikit, ya lumayanlah buat kebutuhan kita sehari hari buat makan” ungkapnya.

(Dmn)

Author: 

No Responses

Leave a Reply