Fakultas Hukum UNSUR Cianjur, Studi Banding ke Lapas Kelas II A Magelang

 Pendidikan, Seputar Jabar

Dr. Hj Henny Nuraeny, S.H., M.H Dekan Fakultas Hukum Suryakancana Cianjur

CIANJUR , – Fakultas hukum Universitas Suryakancana Cianjur mengadakan studi banding ke Lapas Kelas II A, Magelang , Senin s/d Selasa 21,22/01/2019. Studi banding tersebut dipimpin Oleh Dr. Hj henny nuraeny, S.H., M.H. Dekan FH Universitas Suryakancana Cianjur , bersama Para Pembantu Dekan dan Dosen serta didampingi Dr. Rusman, S.H., M.H yang juga Dosen Hukum acara Pidana.

Studi banding tersebut diterima langsung oleh Kepala Lapas Klas II A Magelang beserta staf dan Kepala keamanan Lapas .

Studi tour ini diselenggarakan dalam rangka memberikan wawasan dan pengetahuan tentang Aplikasi dari praktek Hukum Acara pidana, serta bagian dari sistem peradilan pidana , Sesuai tahapannya. Artinya bahwa seseorang yang diadili di pengadilan bilamana divonis dengan hukuman penjara, bermuara di Lapas.

Dr. Rusman,S.H., M.H, kepada media mengatakan bahwa salah satu yang disasar dalam studi tour tersebut adalah untuk mengetahui pola pembinaan dilapas, dengan metode langsung wawancara dengan warga binaan di lapas Magelang tersebut, para mahasiswa dapat mengetahui, apa yang menjadi latar belakang para napi melakukan kejahatan.

selanjutnya bagaimana proses yang bersangkutan dalam menjalani proses dipersidangan sampai dengan napi menjadi warga binaan di Lapas Magelang
dan mengetahui apa dampak terhadap perilaku warga binaan Pasca menjalani Hukuman.

” Selanjutnya hasil dari studi banding ini akan dilanjutkan menjadi bahan riset hukum, dengan tema implementasi kebijakan hukum pidana dalam penanganan warga binaan “, Pungkasnya.

(Umar/Wawan)

Author: 

No Responses

Leave a Reply