KKN Mahasiswa Unsika Komentari Sampah di Desa Amansari

 Seputar Jabar

KARAWANG , – Permasalahan limbah merupakan salah satu permasalahan yang seakan akan tidak ada habisnya, mulai dari sampah rumah tangga dan limbah pemotongan hewan yang tentunya akan mengganggu kesehatan masyarakat. seperti yang terjadi di Desa Amansari, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang.

Menurut Ketua Koordinator Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Amansari menjelaskan, permasalahan sampah/limbah disebabkan kurang adanya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang aktif sehingga masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya, selain itu kesadaran masyarakat yang masih rendah soal kesehatan.

“Kurang adanya TPS yang aktif dan juga kesadaran masyarakat sekitar sini teekait kesehatan, kebersihan itu masih kurang” kata Ahmad Ketua Kodes KKN UNSIKA Desa Amansari, Jumat (12/07/19).

Lanjutnya, salah satu faktor penyebab banyaknya sampah yang dibuang sembarangan oleh oknum masyarakat merupakan sebuah kebiasaan masyarakat seperti membuang sampah tempat kobak dan galian tentunya bukan pada tempatnya atau bukan tempat pembuangan sampah.

“faktor kebiasaan yang buang sampah disuatu tempat, seperti yang kayak ada kobak atau bekas galian” jelasnya.

Mahasiswa KKN UNSIKA di desa tersebut berencana akan melakukan sosialiasasi soal bahanya buang sampah sembarangan. adapun sasaran utamanya masyarakat baik melalui kegiatan Jumat bersih, maupun penyampaian langsung ke masyarakat.

“Kita kita akan sosialisasi kepada masyarakat soal kesehatan dampak dari bahayanya buang sampah sembarangan yang berdampak pada kesehatan” pungkasnya.

(Dmn)

Author: 

No Responses

Leave a Reply