Peringati Hari Bumi, KPLHI Bersama Sektor 1 Ajak Siswa SMPN 1 Kertasari Sedekah Alam

 Seputar Jabar

KERTASARI , – Komite Pecinta Lingkungan Hidup Indonesia (KPLHI) bersama Satgas Citarum Sektor 1 lakukan penanaman 400 bibit pohon di Situ Cisanti Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari. Sabtu (27/04/2019).

Penanaman pohon dengan tema Conservasi For Citarum Harum ini dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada Tanggal 22 April.

Selain satgas Citarum, hadir dalam acara penanaman Iwan Setiawan F Ketua Umum KPLHI, Hj Ai Maryam Ketua Dewan Penasehat KPLHI, Dadang S Dari KRPH Wayang Windu, Irwan dari Perhutani dan Adang Setiaman Kepala sekolah SMPN 1 Kertasari beserta guru dan siswa, juga warga masyarakat.

Dalam sambutanya, Iwan Setiawan mengatakan bahwa dengan adanya penghijauan di Situ Cisanti, berarti kita semua ikut melakukan sedekah kepada alam.

” Ini adalah bukti bahwa kita sangat peduli dengan lingkungan, penanaman pohon ini merupakan sedekah kita kepada alam selain untuk melestarikan Situ Cisanti, dengan bersedekah alam kita semua ikut menjaga agar oksigen yang ada tetap terjaga, karena kita sebagai manusia sangat membutuhkan oksigen,” Ujar Iwan Setiawan.

” Tanam lah pohon dimanapun kita berada, karena dengan menanam pohon kita sudah ikut serta melestarikan alam,” Tambah Iwan.

Adapun jenis pohon yang ditanam di Situ Cisanti adalah pohon Pinus, pohon Kopi, pohon Kelor, pohon Kurma Tropis dan Pohon Fkamboyan.

Sementara itu menurut Dansektor 1 Kol Inf Inget Barus yang diwakili oleh Sertu Karnita Bamin Log sektor 1 mengatakan,” semoga dengan adanya penanaman pohon ini bisa menumbuhkan bibit rasa kecintaan di hati para siswa SMPN 1 Kertasari kepada alam,” Ungkap Sertu Karnita.

” Sehingga kelak mereka mengerti akan pentingnya pohon, minimal mereka akan melestarikan dan menanam pohon di daerahnya sendiri, sebagai bentuk dari sodakoh oksigen,” Tutur Bamin Log sektor 1.

Masih menurut Sertu Karnita,” saya berharap semua instansi juga elemen masyarakat ikut serta ngahejokeun bumi, mari kita wariskan mata air untuk anak cucu kita, jangan kita wariskan air mata kepada mereka,” Pungkasnya.

Selanjutnya dihari Minggu 27 April 2019 dilaksanakan penanaman Vetiver ditepi Situ Cisanti bersama Yayasan Putri Indonesia Berkarya yang didampingi oleh Ibu Irma Hutabarat .

(Umr/Wnz/Pendam III/Siliwangi)

Author: 

No Responses

Leave a Reply