Peringati Hari Buruh, Dansektor Pembibitan Gandeng PTPN VIII Tanam 1000 Pohon di Lahan Kritis

 Seputar Jabar

KABUPATEN BANDUNG, – Hari Buruh Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Mei, diperingati satgas Citarum sektor pembibitan dengan menggandeng PTPN VIII melakukan gerakan menanam 1.000 pohon Sulibri di lahan kritis Desa Margamukti Kecamatan Kertamanah Kabupaten Bandung, Rabu (01/05/2019).

Penanaman pohon yang diikuti oleh 250 orang buruh berasal dari berbagai Afdeling dari PTPN VIII, mulai dari Afdeling Kertamanah, Wayang, Tirta Sari, Cinyiruan, Puncak Gedeh, Cikembang, Pengolahan, sampai dengan bagian administrasi dan satuan pengamanan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Muspika Kec. Kertamanah, Star Energi, dan beberapa kelompok penggiat lingkungan seperti Paguyuban Petani, Rak Gantang, HP2BUN, Tapak Tiara serta masyarakat setempat.

Kegiatan diawali dengan apel bersama di depan kantor PTPN yang dipimpin oleh Dansektor Pembibitan, dalam sambutannya Dansektor mengucapkan terima kasih kepada pihak PTPN VIII, Buruh juga Penggiat Lingkungan, dimana saat Pembibitan. Masih menyempatkan untuk melakukan penanaman bersama.

” Kita akan hijaukan seluruh lahan kritis di hulu Citarum ini, sambil memperingati hari buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei ini, kita isi dengan melakukan sedekah alam, berupa penanaman 1.000 pohon Sulibri,” Ujar Letkol Inf Choirul Anam yang didampingi oleh Danki Pembibitan Cikembang Lettu Chb Sutriyanto.

” Upaya yang kita lakukan hari ini akan sangat bermanfaat untuk anak cucu kita nanti, generasi yang akan datang bisa merasakan upaya kita dalam mengatasi lahan kritis ini,” Tambah Dansektor.

” Hulu Citarum merupakan wilayah yang segera harus ditangani, kalau wilayah hulu masih kritis, akan menjadi penyebab terjadinya erosi, dan erosi itu akan terbawa masuk ke sungai Citarum yang nantinya akan memgakibatkan sedimentasi dan pendangkalan,” Ungkap Dansektor.

Masih menurut Letkol Choirul Anam bahwa saat ini satgas Citarum sektor pembibitan setiap hari melakukan penanaman, ” selain dengan PTPN VIII, satgas di pembibitan Bongkor juga melakukan penanaman di petak 19, jadi semua bergerak melakukan penanaman,” Pungkas Dansektor Pembibitan.

(Umr/Wnz/Pendam III/Siliwangi)

Author: 

No Responses

Leave a Reply