Satgas Sektor 5 Ajak Warga Bersihkan Anak Sungai Citarik Dari Tumpukan Sampah

 Seputar Jabar

BANDUNG , – Hasil dari pendekatan Satgas Citarum Sektor 5 membuahkan hasil. Subsektor Rancakasumba bareng warga bersihkan anak sungai Citarik dari tumpukan sampah dan rumput liar, di Kp. Koyod Desa Rancakasumba, Selasa (16/7/2019).

” Hari ini kami bersama dengan warga membersihkan aliran sungai Citarik sepanjang 100 meter dari sampah rumah tangga dan rumput liarnya,” demikian disampaikan Dansubsektor Rancakasumba Serma Dani Muldani.

” Sampah dan rumput liarnya langsung kami angkut untuk dibuang, tadinya anak sungai ini menyempit karena banyaknya sampah dan sedimen, setelah dibersihkan sekarang jadi kembali ke lebar asal,” ucapnya.

Menurut Serma Dani bahwa, ” keberhasilan mengajak warga untuk peduli kebersihan lingkungan adalah hasil dari sosialisasi dan komsos satgas sesuai dengan arahan Dansektor 5 Kol Inf Sumarno selama ini “.

” Aliran anak sungai Citarik ini bermuara langsung ke Citarum, jadi sampah ini kalau tidak dibersihkan nanti akan mengalir ke Citarum, disamping itu warga sekarang sudah sangat mendukung program Citarum,” tutur Dansubsektor Rancakasumba.

Sementara itu disampaikan Dansektor 5 Kolonel Inf Sumarno bahwa, ” membersihkan semua aliran sungai yang bermuara langsung ke Citarum bukan hanya tugas Satgas, tapi harus jadi kesadaran bersama masyarakat sekitar “.

” Kesadaran warga untuk menjaga kondisi lingkungannya sudah mulai nampak, terutama wilayah aliran sungai dan anak sungainya,” urai Dansektor.

” Saya meminta kepada warga masyarakat yang tinggal di wilayah sungai agar tidak lagi membuang sampah sembarangan, karena akan menimbulkan penyakit dan banjir,” ungkap Dansektor 5.

” Setiap hari satgas melakukan penyadaran kepada warga, saya berharap dengan adanya pembersihan ini, warga akan sadar dan menjaga setiap anak sungai yang berada di lingkungannya, karena sampah dan kotoran di anak sungai, akan sangat berdampak terhadap Citarum,” tutur Kolonel Inf Sumarno.

(Umr/Wnz/Pendam Siliwangi)

Author: 

No Responses

Leave a Reply