UPT SPNF SKB Kota Cimahi Mencetak Siswa Yang Handal & Terampil

 Pendidikan, Seputar Jabar

H. M. Hasan Busjori, S.Pd., M.Pd Kepala UPT SPNF SKB Kota Cimahi

CIMAHI , – Keberadaan UPT SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Cimahi, memang patut dibanggahkan, pasalnya program pendidikan yang dipakai dalam proses belajar mengajar di SKB ini mampu mencetak anak didiknya menjadi seorang yang terampil, dengan berbagai keterampilan sehingga ketika mereka terjun dimasyarakat disamping medapatkan ijazah persamaan, mereka juga mampu berkiprah dan bersaing untuk menjadi seorang yang produktif, profesional, dalam penciptakan lapangan pekerjaan berdasarkan keahlian masing-masing.

SKB Kota Cimahi berdiri 2016 dan dilengkapi dengan lab Bahasa, kompiuter, serta menjahit. Disamping mendapat pendidikan akademis juga mereka dididik menjadi seorang yang punya keahlian sesuai bakat masing masing, seperti jahit, elektronika, las listrik atau bubut kayu.

Ruang Menjahit untuk Siswa-siswi di UPT SPNF SKB Kota Cimahi

H. M. Hasan busjori, S.Pd., M.Pd selaku kepala UPT SPNF SKB Kota Cimahi, kamis (31/01/2019), ketika ditemui dikantornya kepada media mengatakan bahwa siswa-siswi yang sitampung di sini berjumlah 130 orang bisa mengikuti pendidikan non pormal tanpa dipungut biaya sepeserpun. Mereka medapatkan ijazah yang diakui Nasional untuk melanjutkan kePakultas yang bekerjasama dengan SKB juga tanpa dipungut biaya dan bagi yang tidak melanjutkan sekolahnya mereka mampu mandiri membuka usaha.

Disamping paket C juga SKB perperan memberikan pelatihan kepada masyarakat yang masih menganggur untuk mendapatkan program kecakapan hidup, mereka di didik selama satu bulan, dengan cara perkelompok diberikan satu mesin jahit Zuki dan satu mesin obras, hampir 85% masyarakat yang di didik sudah bisa menjabarkan lagi kepada masyarakat lain yang tidak ikut di SKB, sebagai penerus kegiatan yang ada di SKB.

H. M.Hasan juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kota Cimahi, kepada Direktorat Pendidikan Non Pormal serta semua intansi terkait atas dukungan serta bantuanya yang diberikan . Berharap kedepan SKB akan menjadi induknya PKBM dan bisa mengadakan ujian sendiri serta seluruh PKBM akan ikut ke SKB untuk ujianya, karena tujuan utamanya SKB adalah berkiprah membantu mengurangi pengangguran khususnya di Kota Cimahi dan sekitarnya , Pungkasnya.

(Um/Wnz)

Author: 

No Responses

Leave a Reply