Irjen Pol Ilham Salahudin Jabat Komandan Korps Brimob

 Uncategorized

Irjen Pol Ilham Salahudin sewaktu masih berpangkat Brigjen Polisi

JAKARTA ,  – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian kembali melakukan mutasi dan promosi jabatan terhadap 48 perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) di lingkungan Polri. Salah satu yang mendapat promosi itu adalah Irjen Pol Ilham Salahudin. 

Ilham bakal mengisi jabatan baru sebagai komandan Korps Brigade Mobil (dankorbrimob) Polri, menggantikan Irjen Pol Rudy Suhariadi yang diangkat menjadi asisten operasional (aspos) kapolri. Saat ini, Ilham tercatat sebagai widyaiswara utama pada Sekolah Staf dan Pemimpin Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim Lemdiklat) Polri. Tugas mengajar di sekolah itu diembannya sejak 18 April 2017.

Dikutip dari berbagai sumber, Ilham lahir di Bandung, Jawa Barat, 27 Juni 1962. Sebelum menjadi widyaiswara utama di Sespim Polri, dia menjabat kapolda Maluku.  

Lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) pada 1986, Ilham ditugaskan di Polres Riau Timur. Setelah beberapa tahun bertugas di Riau, dia sempat menghabiskan masa tugasnya sebagai komandan Satuan Brimob di Maluku pada 2002, sebelum menjabat kapolres di dua daerah di Surabaya Selatan dan Gresik.

Karier Ilham semakin menanjak saat ditunjuk sebagai kasat Brimob di dua daerah dalam dua tahun. Pada 2006, dia ditugaskan sebagai kasat Brimob Polda Kalimantan Timur, dan setahun berikutnya menjabat posisi yang sama di Polda Jawa Timur. 

Pada 2015, Ilham ditunjuk menjadi wakapolda Sumatera Utara. Dia lalu mendapat promosi jabatan sebagai kapolda Maluku menggantikan Murad Ismail yang dipromosikan sebagai dankorbrimob di Mabes Polri.

(Sumber: iNews.id)

Author: 

No Responses

Leave a Reply